Lone Wolf with Many Scars: Detak

Bukan di atas detak jantungku sendiri aku hidup. Aku hidup diantara detak bahagia para manusia.

Aku adalah jiwa yang berjalan gontai di jalan hidup yang pahit…..sendirian. Itu adalah kenyataan. Kenyataan yang kusadari setelah mereka-reka akhir dari kesendirian. Rekaan yang tak pernah usai ku bayangkan.

Adalah luka. Sahabat dalam perjalanan. Buah dari pertarungan-pertarungan yang kuhadapi sendirian. Iya. Sendirian. Ini adalah konsekwensi. Konsekwensi dari apa yang telah kupilih untuk hidupku sendiri. Mau tak mau, suka tak suka, memang harus kuhadapi sendiri. Meski detak kerap kali berontak, karena tubuh terlalu luluh lantak.

Beberapa orang menganggap ku masokis. Pecandu sakit yang tak peduli dirinya sendiri. Nyatanya, aku begini karena memang peduli akan hidup ku sendiri. Bagiku, menyerah pada jalan yang telah dipilih berarti tak peduli. Sedangkan bertahan menghadapi dan sekuat mungkin tak menyerah melewatinya, adalah kepedulian. Bertanggung jawab terhadap apa yang telah menjadi pilihan. Ada juga mereka yang bertaruh, bahwa aku tak akan bertahan hidup-hidup melewatinya.

Memang. Aku sekarat. Bahkan aku hampir tidak bisa merasakan pedih lagi. Atau mungkin tepatnya tidak peduli. Aku terbiasa. Sudah terlalu sering luka bermain dan kucumbu. Toh, jantungku masih bisa berdetak. Menyentak-nyentak lirih penuh cinta. Mungkin mereka benar. Aku tak akan bertahan, kemudian mati pada hidupku…..sendirian.

Sendirian? Bisa jadi. Aku telah merelakan detak jantungku berdetak bukan untukku. Namun diantara detak harap kaum-kaumku. Mungkin aku telah mati. Seiring dengan punahnya mimpi dan ambisi-ambisi. Namun aku sadar, aku akan terus hidup, diantara do’a-do’a dan detak bahagia manusia.

Aku
akan terus hidup.
Dan aku, tak akan pernah berhenti.
____

Baca catatan sebelumnya: Lone Wolf with Many Scars: The Beginning

Leave a Reply

