Aku, Respati kecilmu

Kepada engkau yang tak pernah lelah meladeni kekanakkan ku.

Ya, kau tak pernah lelah meladeni segala tingkah polah ku. Tiada pantang bagimu untuk terus menopang ku dari belakang, dibalik tubuh renta mu. Membuatmu menjadi wanita paling perkasa yang pernah mendampingi ku. Ini semua tentang amanah, katamu. Karena memegang teguh amanah itu adalah prinsip, yang katamu, menjadi salah satu ageman dalam silsilah darah turun temurun leluhur-leluhurku.
Pesan kakek tetap kau genggam, untuk menjaga Respati kecilmu ini. Betapa bukan karena ingin aku menjadi orang besar. Namun lebih karena janji yang kau rekat erat pada lembar-lembar hidupmu. Kau tak pernah peduli betapa lelah kau menopang, sementara otot-otot lenganmu mulai lemah mengendur. Matamu yang semakin abu-abu, tak pernah lepas mengawasiku. Kerut mukamu yang kau sembunyikan dibalik rona yang jenar, kerap menceritakan kerasnya perjuanganmu……..dalam menjagaku.
Betapa aku tak jengah. Bukan karena siraman cinta atau perihal keteguhanmu untuk kerap menjaga ku. Jengahlah aku, dimana aku kerap merasa berhutang, namun tak sanggup ku bayarkan. Betapapun ku kuasai gunung-gunung dan rimba-rimba di bumi jawa untuk merunduk hormat padamu, tak cukup jua untuk membalas abdi mu pada ku.
Aku adalah raja bagi mu. Kau selalu perlakukan aku begitu. Sementara, jauh tersimpan dalam di sudut hati ku, aku lah yang seharusnya mengabdi padamu. Serba salah, rasanya. Maka maafkan aku, terlalu sering menghindari mu. Tak pulang berhari-hari, merentang jarak, supaya habis masa abdi mu, berganti dengan limpahan abdi ku pada mu. Namun malah rindu yang tertuai, menghujani ruang sepi, menggantikan aku. Membuatmu semakin kuat menjaga ku, semakin gencar mengabdi pada ku.
Sudahlah, ibu. Kau memang perkasa, dan aku memang Respati kecilmu. Dan akan selalu begitu. Namun, tak dapatkah kau beri aku kesempatan untuk sedikit membalasmu?
Setidaknya, untuk hari ini. Hari ulang tahun mu.
Aku,
Respati kecilmu 
hanya ingin memberi bingkisan ulang tahun, berupa,
kebahagiaanmu.
Selamat ulang tahun, ibu.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s