Pengaduan

Kemarin, aku mengadu kepada Tuhan:

“Tuhan, aku sangat mencintai Ibundaku. Kemarin lalu, aku bilang ke Ibundaku, kalau aku mau menikah. Ibu bertanya, apa aku sudah punya calonnya? Dengan senyum bangga, aku bilang, aku sedang mencintai seseorang, dan aku akan menikahinya. Tentu saja Engkau tau, Tuhan. Saat itu Ibundaku tersenyum lega. Sambil sekuat tenaga menahan tangis haru.

Tuhan, Engkau lebih tau, bagaimana bahagianya hatiku melihat keharuan Ibundaku. Dan Engkau lebih tau, bagaimana bahagianya Ibundaku mendengar kabar yang entah sejak kapan ia tunggu. Pasti dibayangannya, aku bahagia bersama wanita pilihanku. Pasti dibayangannya, ia akan segera menimang-nimang cucu.

Tuhan, aku sangat percaya, bahwa mencintainya adalah perintah-Mu. Itu sebabnya aku bilang ke Ibu. Tentu saja aku yakin karena engkau telah memberikan tanda-tanda melalui munajat-munajatku. Aku percaya itu. Tapi, saat ini aku sedang resah menunggu putusan akhir-Mu. Perlahan-lahan Engkau jauhkan ia dari aku. Engkau tepikan semua orang dari sekelilingku. Aku sendirian. Dan kebingungan. Ragu pun mulai muncul perlahan-lahan. Dan disaat itu, aku memohon kembali padamu jawaban, yang kau balas dengan menguatnya kembali keyakinan. Namun apalah arti suatu keyakinan bila tak sesuai dengan kenyataan?

Tuhan, aku sedang kebingungan. Aku begitu ketakutan. Yang terbayang olehku adalah, gugurnya isyarat-isyarat dari Mu. Aku membayangkan kekecewaan Ibundaku karena kembali harus menelan kenyataan menggugurkan harapan. Kesedihan Ibundaku karena kembali menerima berita kegagalan dari apa yang telah aku usahakan. Aku akan menjadi sangat berdosa, karena telah membuatnya menunggu dalam ketidakpastian. Membuatnya berharap atas berulangnya kegagalan. Maka, durhakalah aku dihadapan Engkau. Ridha-Mu pun tak kunjung kesampaian.

Tuhan, apakah ini yang Kau inginkan? Apapun itu, aku rela.”

Air mataku menetes, jatuh membasahi wajah Ibundaku yang sedang tertidur. Ia kemudian bangun, lalu bertanya, “Kamu menangis, nduk?”

“Ndak, bu. Kelilipan.”

Leave a Reply

