Cinta: Hayati Dalam Diam

Pernah ada seorang pemuda. Ia jatuh cinta pada gadis pujaannya. Sehari-hari Ia hanya duduk merenungi gadis yang dicintai nya. Ia mabuk cinta. Sampai-sampai Ia lupa mencintai dirinya sendiri. Badan nya kurus kering, mata nya kuyu dan hitam, rambut dan kumis nya tumbuh tak terurus. Sampai suatu saat, setelah keberaniannya terkumpul, ia akhirnya menyatakan cintanya. Pemuda itu ditolak.

“Kalau kamu mencintai aku, bagaimana bisa kamu tidak mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu?”

Pemuda tadi tersadar. Kemudian pergi dengan hati hancur dan kecewa. Karena ditolak, maka Ia hanya menuliskan surat-surat cinta tanpa pernah disampaikan ke gadis tersebut. Ia menuliskan surat-surat cinta itu untuk sekedar menghibur hatinya. Menuliskan pujian-pujian, kekaguman, bahkan sampai ke hal yang tidak penting yang menyangkut kehidupan seari-harinya. Surat-surat tersebut ia simpan untuk Ia baca dikemudian hari saat rindu mulai meradang. Tak lupa Ia memperbaiki dirinya, agar layak dicintai dikemudian hari.

Suatu saat, terdengarlah kabar tentang pemuda mabuk cinta tersebut ke telinga gadis itu. Maka, karena tersentuh, gadis itu akhirnya mengajak si pemuda bertemu. Pada pertemuan itu, sang gadis menerima cintanya. Si pemuda senang bukan kepalang. Ia pun membaca surat-surat cinta yang pernah ia tulis secara rahasia dihadapan gadis itu. Sang gadis diam mendengarkan. Satu surat, dua surat, tiga surat, dan saking banyaknya, diperlukan berjam-jam untuk membacanya.

Sang gadis tentu saja bosan. Kemudian setelah surat terakhir dibacakan, ia kemudian angkat bicara.

“Apa kamu mencintaiku?”
“Ya.”
“Berapa lama kamu menungguku?”
“Entah. Sudah cukup lama sampai aku lupa mengingatnya.”
“Sedari tadi kamu terus menerus bicara membacakan surat-suratmu kepadaku. Dan setelah sekian lama, kamu hanya menghabiskan waktu membacakan surat-suratmu, tanpa kamu menghayati keberadaanku dalam diam. Aku tak yakin kamu benar-benar mencintaiku.”

Gadis itu pergi lagi. Sang pemuda terdiam penuh sesal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s