Tiga Anak di Taman Bermain

Tiga orang anak sedang berada di taman bermain. Sebut saja si A, si B, dan si C. Mereka adalah tiga sekawan yang kerap kali bermain bersama. Si A dan si B adalah anak yang cukup aktif berinteraksi. Sehingga keduanya lah yang paling menonjol dari interaksi ketiganya. Sementara si C, bukannya pasif, namun lebih suka memperhatikan si A dan si B saling berinteraksi. Sehingga, si C kerap kali dianggap anak bawang.

Di taman bermain tersebut, si A, si B, dan si C bermain bersama. Si A dan si B seperti biasanya saling berusaha menarik perhatian semua orang yang ada disana. Mereka berdua saling berlomba menjadi si nomor satu yang menonjol.

Mereka berdua terlihat seolah berlomba menjadi yang unggul dalam memainkan setiap wahana yang ada disana. Tak jarang mereka berdua berebut dan kemudian saling omel satu sama lain. Atau, saling mengatur satu sama lain. Atau, saling menguasai satu sama lain. Lucu sekali tingkah mereka.

Tapi tunggu dulu….!!! Kemana si C? Ah, disana rupanya. Asik memperhatikan mereka berdua saling berkompetisi memenangkan rasa bangga mereka masing-masing. Sedari awal memasuki taman bermain, memang si C langsung menuju tempat favoritnya. Ayunan gantung di bawah pohon teduh di sudut taman bermain. Bahkan si A dan si B enggan ‘merebut’ wahana tersebut dari si C. Bukan karena ayunan tersebut usang. Bukan karena wahana tersebut tidak menantang. Mereka berdua hanya tertarik pada persaingan yang mereka geluti semenjak dulu saat mereka mulai akrab mengenal satu sama lain. Dan berkompetisi dengan si C sangatlah tidak keren. Dan terkadang si C itu terlihat aneh bagi mereka. Atau….ehm….menyeramkan. Meski berbadan lebih kecil dan terlihat pendiam.

Dengan mata jernih nya yang sedikit terlihat berkilau cemerlang tajam namun ramah, si C asyik memperhatikan tingkah polah si A dan si B. Sesekali ia bosan, kemudian mulai memperhatikan tingkah polah lingkungan sekitar ayunan tersebut. Angin yang menggoyang ilalang, pohon yang menggugurkan daun, cicak yang memakan serangga, burung-burung yang riang bercengkrama, semuanya. Baginya, lebih asik memperhatikan dan kemudian mempelajari pola interaksi yang terjadi dilingkungan sekitar ayunan tersebut. Sambil menguncang-uncangkan kaki dan mendorong laju ayunan dengan pinggulnya, ia amat menikmati mengamati sekitarnya. Terutama mengamati kedua sahabatnya.

Ia banyak menangkap pelajaran dari sekedar memperhatikan dalam diam. Ia mulai mengenali pola-pola beragam dari masing-masing interaksi yang terjadi disana. Itu sebabnya ia tidak melerai kedua temannya saat bertengkar, karena ia tau pertengkaran itu sementara bagi mereka. Itu sebabnya ia tidak sedih melihat serangga yang istirahat di batang pohon dimakan sang cicak, karena ia mengerti cicak memakan serangga, bukan dedaunan. Itu sebabnya ia tidak khawatir pohon tempatnya bernaung mendadak kehabisan daunnya, karena ia mulai memahami bahwa untuk menumbuhkan daun baru, maka daun yang mulai kering digugurkan pohon. Intinya, si C banyak mendapatkan hal baru dari sekedar mengamatinya.

Sementara si A dan si B masih asik bermain “Siapa unggul siapa”.

Sadar atau tidak, kira-kira begitulah kehidupan yang kita alami. Tidak sama persis. Tapi mirip-mirip lah. Si A dan si B adalah gambaran kebanyakan manusia pada umumnya, yang saling bergelut menjadi unggul didalam pertarungan hidup. Bahkan tidak jarang saling sikut untuk mendapatkan predikat yang memuaskan ego dan rasa bangga nya. Mereka berlaku atas nama passion, atau bahkan survival. Sah saja menurut saya. Karena memang begitu adanya.

Sementara si C adalah gambaran orang yang melepaskan diri dari ketermelekatan ego dan rasa bangga. Ia dengan tenangnya mengamati dan belajar. Ia tidak melekat. Bebas. Merdeka. Bahagia. Baginya, hidup hanyalah sekedar taman bermain dan belajar, untuk kemudian ketika senja tiba, masing-masing akan kembali pulang, membawa bekal perasaan dan pengalaman yang dialami seharian.

So, which one are you?

[Diceritakan kembali secara tulis dari pertanyaan absurd Nona Yasmina Dwiariani di sebuah coffee shop pada suatu senja di Ibukota.]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s