Evolusi



Setiap detik berjalan dan setiap momen adalah relatif. Tak pasti dan selalu berubah. Perubahan adalah kepastian itu sendiri. Segala sesuatu yang ada di alam semesta, bergerak mengiringi sang waktu, menuju perubahan-perubahan yang pasti akan dialami mengikuti gerak sang waktu. Tanah, batu, pohon, air, udara, matahari, bahkan aku.


Seperti tahun ini, layaknya tahun-tahun sebelumnya, begitu banyak perubahan bentuk yang aku alami. Memang betul adanya, kita selalu berevolusi. Aku…..bukan aku yang lalu. Aku terus berubah dan bergerak, layaknya semesta berthawaf menjaga imbangnya. Layaknya partikel bergerak, mencari imbangnya. Tempaan demi tempaan, pedih dan perih, luka dan tangis, memaksaku untuk merobek kulit ari dan menjadi sesuatu yang baru. Semua terjadi sebagai bentuk rangkaian takdir dari rencana besar semesta. Agar setiap jiwa dan instrumen didalamnya dapat ikut terlibat dalam membentuk semesta itu sendiri.

Lebih dari 4 kali aku berevolusi tahun ini. Perih bukanlah hal yg kutakuti lagi. Dan aku yakin, masih banyak bentuk yg akan kulakoni nanti. Lelah aku melawan. Karena aku hanya kumpulan partikel yg bernama. Wadah dari jiwa. Maka kuterima setiap perubahan bentuk dengan penuh kerelaan, dan kesiapkan. Ya. Kusiap-siapkan diri, Memasrahkan diri. Menyelaraskan diri dengan semesta. Terus bergerak bagai udara…..mencari imbangnya.

Aku adalah bentuk yang terus berubah. Mencari esensi dari takdir dan hidup. Mencoba mengalami setiap peristiwa adalah perilaku dari sang jiwa. Agar terlengkapi seluruh pengetahuannya akan hidupnya. Ya. Aku menyadari, evolusi dan perubahan adalah proses seumur hidup. Yang suka tidak suka, harus dihadapi. Dan dalam bentuk yang sekarang ini, aku coba untuk terus berjalan, sampai imbang yang ku cari, dapat kutemukan.

In life we can recreate ourselves as we just were or we can recreate ourselves anew. We are always remaking ourselves. – Neale Donald Walsch

People’s change. But soul doesn’t. It just seeking for experiences. – Dimas Respati

Leave a Reply

