Sabar Itu Tak Mudah. Namun Bukan Tak Mungkin. (Catatan Perjalanan Tulung Agung – Jakarta, 2012)

Pagi yang cerah setelah semalaman begadang. Lelah, namun kunikmati juga perjalanan ini. Seharusnya sekarang sudah sampai Jakarta. Hanya saja karena kendala teknis perjalanan kami delay kurang lebih 3 jam.

Banyak yang mengeluh karena keterlambatan ini. Ingin nya mereka cepat-cepat sampai untuk kemudian diperbudak oleh pekerjaan. Padahal, jika mereka mau mengerti, keterlambatan ini bukan karena pelayanan yang buruk. Tapi murni karena kendala teknis. Yang cukup fatal bila tidak ditangani secepatnya. Penanganan kendala teknis tersebutlah yang menyita waktu, demi keselamatan bersama, namun tetap dikomplain oleh kebanyakan penumpang.

Selama perjalanan yang memakan waktu lebih banyak dari biasanya ini, lebih banyak aku habiskan dengan berdialog dengan orang-orang yang ada disini. Dimulai dari mereka yang mengeluh. Mengeluh karena tidak sabar tentunya. Atau para pegawai kereta api yang berusaha bersabar ketika kena imbas omelan dari mereka yangvtidak bersabar.

Ya. Hari ini semesta mengajarkan tentang kesabaran kepadaku. Bagaimana melihat dan memahami kondisi, sehingga dapat sabar dan memaklumi. Bagaimana melihat mereka yang menerima kondisi, sehingga mereka dapat bersabar menghadapi kondisi yang tidak seharusnya mereka terima. Dan bahkan bagaimana belajar bersabar mendengarkan mereka yang tidak sabaran atas kondisi yang mereka alami.

Siapa bilang sabar itu mudah? Pada kenyataan nya kebanyakan dari manusia secara sadar atau tak sadar lebih mementingkan apa yang mereka inginkan. Satu hal yang memusnahkan kesabaran itu sendiri. Menurunkan ego, memaklumi kondisi dan orang lain lah kunci dari kesabaran itu sendiri. Ya. Bersabar tidak mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin.

– Kereta Api Ekonomi AC Majapahit, 20 Nopember 2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s