Hidup adalah Perjuangan (Catatan Perjalanan Jakarta-Tulung Agung, 2012)

Setiap manusia punya kesahnya sendiri di balik hidup yang mereka perjuangkan. Banyak kepala di gerbong kereta ekonomi ini telah sukses mengisahkan perjuangan mereka sendiri. Penumpang, pedagang, keamanan, masinis, sampai koki dan pramusaji yang aku temui, punya kisah mereka sendiri.

Hidup tak selamanya berjalan semudah seperti yang manusia inginkan. Ada proses perjuangan yang yang harus mereka tempuh untuk mewujudkan setiap harapan. Sesederhana apapun itu. Begitupun bagi mereka yang berada dilorong ini yang telah menceritakan kesah mereka melalui kerut-kerut wajah dan peluh yang mereka teteskan. Aku menikmati tiap cerita yang mereka sampaikan. Menikmati mereguk tiap pelajaran dari mereka yang hampir setiap harinya bertarung keras menghadapi hidup, mempertahankan tiap hela nafas yang mereka hembuskan.

Bersyukur aku berada diantara mereka. Berbaur diantara kepala yang berdesakan tanpa mengindahkan bau dan suasana yang jauh dari nyaman. Membuatku untuk kembali berpikir ulang untuk menghakimi manusia dengan berjuta prasangka mencari pembenaran sendiri. Karena setiap manusia telah cukup leras bertarung dan terus berjalan diatas kaki mereka sendiri.

Takjub aku memperhatikan. Mempelajari kesah-kesah yang terpancar dari getirnya hidup yang mereka lalui, diatas kakinya sendiri. Seolah menyampaikan pesan, “Be kind to us, to every people you meet. For the life they lived, had their own fight you don’t have.” Untuk kemudian kudengungkan do’a sederhana untuk mereka, “Berkati hidup mereka, Tuhan.”

– Kereta Api Ekonomi Mata Remaja, 18 Nopember 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s