Tak Pernah (merasa) Sendiri

Umumnya setiap manusia takut akan kesendirian. Bagaimana dengan kamu? Apa kamu takut kesendirian? Aku? Aku pernah merasa takut akan kesendirian. Itu hal yang sangat lumrah dan manusiawi. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang membutuhkan interaksi sosial. Namun saat ini, aku lebih mencintai kesendirian daripada sibuk berpura-pura membaur dengan ramai untuk mengusir sepi.

Sebagian besar hidupku penuh dengan pengkhianatan dan rasa sakit akibat kehilangan. Dan dahulu, aku lebih suka seperti kalian kebanyakan. Mencoba berlari dari rasa sepi dan kehilangan, berinteraksi, meski itu tak banyak menolong. Dan aku lelah. Lelah bermusuhan dengan sepi, hal yang tak dapat aku hindari.

Kemudian aku mencoba berdamai dengan diriku sendiri. Berbaikan dengan sisi lain dari diri ini, menjadikannya teman, agar tercapai harmoni. Seiring waktu berjalan, aku dan diriku pun semakin akrab rasanya. Tak jarang kami mengobrol, dari mulai canda sampai diskusi serius. Dari mulai ajang curhat dan nasehat menasehati sampai konflik-konflik kecil. Sejak saat itu, aku tak lagi merasa sendiri. Aku mulai mencintai sisi lain dari diriku sendiri.

Akupun mulai sering menyendiri. Kemudian dikenalkannya lah aku dengan teman-teman baru yang ternyata cukup ramah dan bersahabat. Ada bintang, bulan, matahari, angin, hujan, sampai pepohonan. Mereka tak hanya bisa mendengar seperti yang orang lain sangka. Mereka sering juga berbicara dengan bahasa isyarat yang mungkin hanya aku yang memahami. Dan satu yang terpenting. Mereka tulus dan apa adanya.

Tak jarang orang menganggapku gila. Namun ini bukan bohong. Aku tak lagi memusuhi sepi. Sepi telah menjadi sahabat dan bagian dari diriku. Ia pun telah mengenalkanku dengan lingkup sosial yang baru, yang hampir dari kalian semua menganggapnya tak mungkin ada. Aku tak lagi merasa sendiri.

Leave a Reply

