Siapa Aku?



Barangkali akan ada orang yang menyangka saya gila atau amnesia jika saya menanyakan pertanyaan ini pada orang lain. Siapa aku? Ya, Siapa aku? Pertanyaan simple yang bisa dijawab dengan mudah, atau malah sangat sulit untuk dijawab karena cukup sulit atau terlalu mudah.

Mungkin akan tampak mudah jika saya menanyakan pertanyaan serupa ke orang lain. Paling-paling mereka akan menunjukkan KTP, Kartu Keluarga, Paspor, Kartu berobat, atau mungkin Ijazah sekolah. Bisa saja saya menanyakan pertanyaan tersebut pada diri saya. Namun permasalahannya tidak sesimple itu. Tidak cukup terjawab jika hanya melihat KTP, Paspor, Kartu Keluarga, atau Ijazah sekolah. Ini jauh lebih kompleks.

Pernahkah terpikir, untuk apa kita diciptakan, berada disini, melakukan ini-itu, bertemus si A dan si B, berjalan dengan pongahnya diatas bumi ini dalam jasad bernama manusia? Kenapa juga diciptakan dalam bentuk manusia? Kenapa tidak dalam bentuk nyamuk yang berakhir di ujung lidah cicak atau mati karena kebanyakan mandi insektisida? Atau kenapa tidak dalam bentuk lele yang berakhir diatas penggorengan? Dan tentu saja, jawabannya tidak ada di dalam KTP, Paspor, Kartu Keluarga, atau Ijazah.

Memang gila. Kebanyakan manusia tidak mengetahui esensi mereka sendiri. Tidak mengenal siapa diri mereka, padahal mereka hidup dalam jasad manusia. Ironi. Bagaimana bisa kita tidak mengetahui diri sendiri sedangkan seumur hidup kita hanya hidup dalam satu bentuk. Manusia. Bukan lalat, cicak, ataupun lele.

Beberapa tahun lalu saya mencoba menggali dan menggali. Bertarung dengan waktu dan diri sendiri untuk mendapatkan jawaban. Dan membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya untuk mendapatkan jawaban tersebut. Itupun masih meragukan. Tentu. Karena memang tidak ada yang menilai dan menjadi juri. Kitalah sang juri. Juri yang linglung.

Lalu saya mulai membuat tabel, berisi kolom-kolom yang menceritakan tentang siapa saya dan tujuan saya. Awalnya saya mengisi dengan profesi yang saya geluti beserta tujuan dan jobdesc saya atas profesi tersebut. Cukup mudah. Namun menemui kesulitan ketika saya mulai menuliskan nama, dan tujuan saya. Mentok.

Kembali lagi saat itu pertanyaan konyol tadi muncul. Sebenarnya, siapa aku? Atau apakah aku ini? Rasa-rasanya saat itu ingin sekali menjadi lalat, cicak, atau lele yang tidak perlu pusing-pusing memikirkan itu semua. Salah saya juga, ngapain capek-capek memikirkan hal tersebut.

Tapi memang, sadar atau tidak, hal itu cukup penting. Penting untuk mengenal siapa diri kita. Lebih dari sekedar mengenal tubuh fisik saja. Tapi juga jiwa, dan segala macam esensi diri. Sadar atau tidak, kita memiliki esensi tentang siapa kita dan apa tugas serta tujuan kita dalam hidup. Ribet, njelimet, seperti menyusun kepingan puzzle yang rumit sedangkan potongan nya ada di depan mata.

Saya jadi teringat film Terminator II: The Judgement Day. Dengan mudahnya sang Terminator yang hanya bermodal intelejensi buatan (atau lebih tepatnya tiruan) menjabarkan siapa dirinya dan apa tugas dan tujuannya. Sedangkan kita, sebagai manusia yang juga bagian dari semesta, mempunyai intelejensi alami serta intuisi, masih saja bingung menjawab pertanyaan simple tersebut. Kebanyakan dari kita cuma sekedar mengetahui, bahwa kita cuma manusia yang dengan pongahnya berjalan diatas bumi tapi ujung-ujungnya cuma menjadi mayat.

Sia-sia saja kalau begitu manusia hidup tanpa mengenal esensinya dan tujuannya. Pantas saja masih banyak manusia yang bingung tentang hidupnya sendiri padahal dia yang sedang menjalaninya. Karena mereka hanya menyadari bahwa definisi dari diri mereka cuma tercantum di kartu identitas mereka. Mereka tidak menyadari, bahwa identitas mereka sebenarnya bukan dalam lembaran kertas, tapi jauh dalam diri mereka sendiri.

Aware, itulah yang dibutuhkan untuk mencari jawaban tersebut. Sadar akan dirinya, hidupnya sebagai manusia, tujuannya, serta tugas-tugasnya. Lalu, beranikah kalian untuk ber-rumit-rumit ria untuk mencari jawaban tersebut? Siapa anda?

Leave a Reply

